Kaleodoskop 2017: Sebuah Perjalanan Menemukan

Ditulis: 31 Desember 2017

Kami mengawali tahun 2017 dengan SE hari bakti dengan salah satu program unggulan yang kami usung, yaitu go green. Kemudian kami susun SE tersendiri tentang Perbendaharaan Go Green, yang bahkan mendahului IMK tentang Gerakan Efisiensi. Semua bergerak, isu go green dan less paper mewarnai kebijakan. E-office salah satunya. Untuk tindak lanjut IMK gerakan efisiensi, kami juga menyusun SE tentang gerakan efisiensi.

Bersamaan dengan itu rencana pengalihan penyaluran DAK fisik dan dana desa kami follow up dengan cepat. Berbagai rapat koordinasi kami ikuti. Hingga terbitlah PMK 50 dan Perdirjen 4.

Sembari itu pula, implementasi PMK 262 mesti pula kami kawal. Salah satunya pembentukan Kanwil Kaltara dan KPPN Tanjung Selor. Alhamdulillah target waktu pembentukan terpenuhi. Selain itu, PR kami untuk penyusunan urjab sesuai PMK 262, berhasil pula kami rampungkan, yang dilanjutkan dengan evaluasi jabatan.

Setelah berturut turut memperoleh nilai tertinggi MOFIN, tahun 2017 menjadi tahun yang membuat deg degan. Kami harus mempertahankan prestasi itu. Syukurlah, kita tetap tertinggi dengan nilai diluar dugaan, 96.

Satu prestasi lain yang juga membanggakan adalah kita berhasil meraih predikat sangat baik dan kabarnya juga rangking satu atas penilaian kematangan pengelolaan organisasi. Momen penilaian ini juga telah mendorong kami menyelesaikan beberapa PR lama terkait tindak lanjut PMK OTK.

Ciptakan inovasi juga menjadi semangat kami. Beberapa gagasan terlontar dengan nota nota yang kami sampaikan ke Direktorat terkait. Dan dengan respon yang baik dan cepat, lahirlah karya karya yang semestinya ada sejak lama.

Tak sekedar melalui pihak lain, karya baru telah pula kami wujudkan. Buku Pedoman Pelaksanaan Tugas KPPN berhasil kami launching. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunannya.

Tak sekedar dengan rutinitas, beberapa tugas menantang alhamdulillah bisa kami laksanakan. Ada beberapa: Pelaksanaan Kegiatan Hari Bakti di Kanpus sembari memandu dan memonitor pelaksanaan di instansi vertikal; pelaksanaan seminar Hari Oeang, koordinasi kegiatan Budget Day sinergi DJA-DJPK-DJPb dan koordinasi kunjungan MK pada akhir tahun.

Kami juga tak melupakan tugas utama kami dalam hal organisasi. Kami turut dalam penyusunan blueprint organisasi. Saat ini kami sedang menyelesaikan usulan penataan organisasi. Banyak hal yang menjadi pertimbangan: perkembangan IT, perubahan proses bisnis, penajaman tusi, adanya tugas baru dan juga pengembangan jafung.

Itulah sebagian tugas yang kami lakukan di tahun 2017. Kami selalu berupaya sebaik-baiknya dan secepatnya. Tentu tak ada gading yang tak retak. Terima kasih kepada para pimpinan, kolega dan para tim kami serta semua pihak. Semoga buah kerja kami bermanfaat. Tak lupa kami berdoa, mudah mudahan raihan kami di tahun 2018 menjadi lebih baik lagi.

Selamat tahun baru...

Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi