Fungsional Bersinergi

Di channel FOXlife kita bisa menonton film serial tentang dunia kedokteran, seperti: The Good Doctor dan Million Little Things. Dalam film itu, terutama, kita bisa saksikan bagaimana para dokter bekerja dalam satu tim melakukan operasi bedah. Tidak hanya beberapa dokter, mereka juga dibantu oleh beberapa perawat. Untuk sebuah operasi yang besar atau terhadap satu penyakit yang memerlukan penanganan dengan cara dan teknik baru, ternyata tidak bisa ditangani oleh satu dokter. Dibutuhkan satu tim yang mampu bekerja sama untuk melakukan tugas sesuai pembagiannya. Masing-masing punya peran penting. Yang jika satu peran atau tugas ini tidak dilakukan bisa berakibat fatal bagi pasien. Tentu dalam tim ini juga ada ketua atau koordinatornya.

Dokter adalah jabatan fungsional. Perawat juga jabatan fungsional. Satu ketika, mereka harus bekerja mandiri. Tapi pada saat yang lain, mereka tetap memerlukan bantuan orang lain. Bagaimana mungkin dokter bedah bisa mengoperasi pasien sendirian tanpa bantuan perawat. Kecuali dalam film-film heroik. Seorang Doctor Strange pun ketika masih menjadi dokter bedah hebat, tetap dibantu oleh petugas yang lain.

Jadi, untuk sesuatu tujuan atau output yang besar, kerja tim tetap diperlukan.

Barangkali gambaran proses operasi yang dikerjakan dokter dan perawat itu, nantinya juga akan dilakukan setelah implementasi jafung, khususnya setelah delayering. Betul, masing-masing harus bekerja mandiri. Tetapi untuk menyelesaikan KFR, RPA, SR, peraturan baru, menyelenggarakan seminar, tetap diperlukan kerja tim.

Seperti juga dalam permainan musik. Setiap pemain punya kompetensi untuk memainkan alat musiknya. Pemain gitar bisa secara mandiri memetik senar gitar dengan melodi dan harmoni yang enak di dengar. Begitu juga pemain keyboard atau organ, yang bahkan cukup dia saja, bisa menyemarakkan suasana pesta. Dengan organ tunggalnya sekaligus sebagai biduannya. Tetapi, untuk menghasil musik yang lebih bagus lagi, yang lebih hebat lagi, yang lebih asyik lagi, dibutuhkan komposisi musik yang memadukan berbagai suara alat musik. Disinilah kerjasama dan sinergi tak bisa dikesampingkan.

Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi