Agar Inovasi Bisa Menginspirasi

Ditulis: 3 Pebruari 2018

Setiap orang memiliki tingkat kreatifitas dan inovasi yang berbeda. Malah, ada yang selalu menggantungkan pada arahan, petunjuk dan payung hukum, meski tak pernah ada hujan hukuman. Sementara itu, ada yang sudah berpikir maju, menggunakan ruang kosong itu sebagai peluang untuk mengembangkan inovasi. Tentu, yang terakhir ini perlu mendapat apresiasi.

Meski harapannya semua orang bisa mengembangkan inovasi, lagi-lagi kita kembali pada kalimat pertama tulisan ini. Lugasnya, tidak semua orang punya kreatifitas. Karena itu, butuh apa yang disebut inspirasi, contoh yang dapat ditiru dan dikembangkan.

Agar orang dapat terinspirasi maka diperlukan informasi yang dapat dibaca, dilihat dan didengarkan. Disinilah perlunya pihak-pihak - yang telah menciptakan inovasi dan kreatifitas dalam bekerja- rajin bercerita dan menuliskan apa-apa yang telah ia kerjakan termasuk ide-ide barunya.

Pada saat awal implementasi MPN G2, saya kira masih sedikit pelatihan dan pembekalan bagi kami terkait aplikasi billing, jika tidak ingin dikatakan belum ada saat itu. Karena implementasi MPN G2 menjadi bagian dari tugas, saya terdorong untuk secara otodidak mempelajarinya. Lalu, dengan beberapa kegiatan saya melakukan sosialisasi. Apa yang saya kerjakan itu kemudian saya tulis dalam blog: www.mpng2.wordpress.com. Saya juga menulis tentang problem yang dihadapi dan solusinya, termasuk gagasan saya tentang MPN. Tulisan-tulisan itu kemudian saya share dan saya kira mendapat respon yang bagus. Banyak orang menghubungi saya untuk menggunakan tulisan maupun panduan dalam blog itu sebagai bahan referensi. Saya kira apa yang saya tulis dalam blog tersebut merupakan knowledge management terkait MPN G2. CMIIW... 

Di setiap bidang pekerjaan selalu ada ruang untuk berinovasi. Mungkin ada satu posisi dimana petunjuk kerja yang ada tidak implementatif. Wajar kalau mengeluh, tapi menjadikan hal itu sebagai kesempatan untuk menciptakan inovasi adalah tentu lebih bagus.

Nah, agar kreasi kegiatan atau inovasi pelaksanaan tugas itu dapat dicontoh oleh pihak lain, butuh informasi berupa tulisan atau video. Disinilah salah satu perlunya Program Menulis itu.

Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi