Rendah hati
-(Jumat, 15 Agustus 2025)-
Dalam sebuah acara sharing session tentang layanan yang kami gelar, narasumber menceritakan bahwa terkadang melayani orang dengan tingkat pendidikan rendah justru lebih mudah dibandingkan melayani mereka yang berpendidikan lebih tinggi.
Mereka yang berpendidikan rendah biasanya lebih mudah menerima penjelasan. Sebaliknya, yang lebih berpendidikan sering kali memprotes atau membandingkan penjelasan dengan informasi yang mereka peroleh di internet. Akibatnya, perbedaan informasi ini kerap memicu perdebatan.
Kenyataannya, hal ini cukup masuk akal. Orang berpendidikan biasanya merasa memiliki pengetahuan yang memadai atau setidaknya kemampuan untuk mencari informasi sendiri. Ketika informasi yang mereka terima berbeda dari yang mereka ketahui sebelumnya, muncul reaksi “kenapa berbeda?”. Sikap kritis seperti ini sebenarnya patut dihargai, karena menunjukkan keinginan untuk memastikan kebenaran. Namun, kadang sikap ini bergeser menjadi “sok tahu”, apalagi bila hanya berdasarkan informasi sepotong dari media sosial yang belum tentu akurat.
Bisa jadi, mereka yang mengenyam pendidikan tinggi memang cenderung memiliki ego yang lebih besar. Mereka merasa tahu segalanya, sehingga sulit menerima informasi yang berbeda, bahkan jika informasi tersebut sebenarnya lebih tepat. Tidak jarang pula, mereka sulit dinasihati.
Padahal, sikap rendah hati semestinya dimiliki setiap orang, dan justru wajib dimiliki oleh mereka yang berpendidikan tinggi. Pendidikan yang sejati seharusnya membuat seseorang semakin terbuka terhadap pengetahuan baru, bukan malah tinggi hati atau merendahkan orang yang dianggap kurang pintar.
Kenyataannya, di atas langit masih ada langit. Ini pengingat bahwa seberapa pun pintarnya kita, di tempat lain selalu ada yang lebih pintar. Dan hal itu akan selalu terjadi.
Begitulah, kerendahan hati tidak berarti mengabaikan kemampuan berpikir kritis, melainkan memadukannya dengan kesadaran bahwa pengetahuan kita terbatas. Sehingga kita dapat lebih bijak dalam menerima, memproses, dan menilai informasi dari berbagai sumber.