Butterfly Effect

   - (Ditulis tanggal 20 Mei 2023) -


Faktanya, ada hal-hal kecil yang membawa dampak luar biasa. Ada yang bilang, perang dunia I berawal dari sopir Pangeran Austria yang salah belok atau salah jalan. Yang kemudian, tidak dinyana seorang Serbia yang tanpa sengaja bangun lebih awal itu menembak pangeran dan istrinya hingga tewas. Austria lalu menuntut Serbia dan berlanjut ketegangan yang menyeret para sekutu masing-masing, hingga terjadilah perang dunia I. Yang jutaan orang menjadi korban dan menderita.
Pun kebisingan tempo hari, yang membawa dampak bagi orang-orang satu kementerian itu juga berawal dari ulah bocil-bocil.
Itulah contoh-contoh, yang lantas disebut "butterfly effect".
Jika diatas adalah contoh hal kecil yang berdampak negatif, tentu ada kebalikannya. Ada hal kecil pula yang berdampak positif bagi kehidupan. Setidaknya bagi individu yang menjalani kehidupannya. Sebuah kesuksesan yang tak dinyana berawal dari hal yang nampak sepele.
Kerap kita mendengar cerita, bagaimana seseorang yang berhasil sukses, gara-gara dulu pernah dibully oleh diantara orang-orang di sekitarnya. Yang hinaan itu ternyata menjadi pelecut dan penyemangat untuk meraih kesuksesan.
Keputusan atau pilihan sekecil apapun juga berefek besar di kemudian hari. "Andai dulu saya memilih kuliah di kampus A, tentu ceritanya akan berbeda" dan masih banyak lagi pengandaian-pengandaian seperti itu.
Ada orang yang pada satu momen merasa kecewa, sedih, marah, bahkan putus asa ketika keinginannya tidak terwujud pada saat itu. Yang di kemudian hari, kekecewaan itu lenyap setelah jalan yang dilaluinya membawa kepada tujuan yang lebih besar, bahkan tak pernah ia mimpikan.
Begitulah. Kadang kita tak pernah tahu apa yang akan kita peroleh di masa depan. Yang jelas: "Man Jadda Wajada." Pun satu keyakinan pada peribahasa: "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.

Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi