Asal Usul (Capaian Output)

- (Ditulis tanggal 24 Juni 2022) - 

Di tengah upaya menggenjot nilai IKPA dan setelah merampungkan novel Sepatu Dahlan, saya menemukan buku berisi asal usul benda-benda di sekeliling kita. Seperti: asal usul rumah, baju, kaos, sarung, handuk, dll.

Seiring aktivitas monitoring capaian output, beberapa halaman buku itu sudah saya baca. Yang menarik dari buku ini adalah selain tambahan pengetahuan tentang sejarah benda-benda itu, saya suka dengan gaya bahasa penulisannya. Saya merasa tidak asing dengan gaya menulis seperti itu. Gaya bertutur. Saya senang, seolah mendapat justifikasi dengan gaya saya selama ini.
Maka, output yang kelak saya peroleh setelah mengkhatamkan buku itu adalah pengayaan pengetahuan, kosa kata, gaya kalimat, yang semua itu akan mempertajam kompetensi saya. Dan inilah mungkin yang disebut outcome. Yang semuanya itu barangkali bisa disebut sebagai momen mengasah gergaji.
Begitulah. Apapun, output dan outcome senantiasa menjadi tujuan.
Maka, perhatian kita hari-hari ini adalah bagaimana kita bisa meningkatkan kinerja output itu. Untuk mengetahui kinerjanya, yang dilakukan tidak lain adalah mencatat dan melaporkannya.
Nah, disinilah persoalan itu bermula. Karena ternyata, belum semuanya memahami cara input data yang benar. Masih ditemukan anomali data di sana sini. Artinya: sebenarnya secara riil, output itu sudah tercapai atau sudah 42% misalnya, hanya saja kekurangan pemahaman atas pengukuran, cara penginputan, yang kemudian membuat data atau laporan kinerja capaian output menjadi nampak masih rendah.
Ya, apa boleh buat, itulah PR-nya.

Sementara itu,
Di tengah guyuran hujan-bulan-juni malam itu, di sela ketegangan akan nilai IKPA itu, selalu ada jeda untuk kembali menemukan cita rasa baru. Sup Ikan

Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi