Target Tercapai

 - (Ditulis tanggal 16 Juli 2022) - 

Yess...!!! nilai IKPA kuartal dua bisa mencapai target 89. Data kemarin menunjukkan angka 89,27. Dengan capaian triwulan I yang masih dibawah target, tentu raihan triwulan II ini menjadi prestasi yang daebak. Karena tak mudah meraihnya. Ada drama disana. Yang memang drama itu dibutuhkan agar bekerja tak terjebak pada rutinitas yang monoton.
Seluruh pihak harus peduli dan dilibatkan. Itulah kuncinya. Tak mungkin Kanwil bekerja sendiri. Dan juga mustahil KPPN berusaha mandiri. Pada akhirnya peran satker adalah utama. Disitulah dibutuhkan kesungguhan Kanwil dan KPPN untuk memberikan bimbingan, pendampingan dan konsultasi secara intens.
Kunci berikutnya adalah alat monitoring. Ini diperlukan agar Kanwil dan KPPN bisa mengontrol dan memberikan evaluasi, mana-mana yang mesti didorong, satker mana yang mesti dikejar dan sekaligus sarana bagi Kanwil dan KPPN untuk mengetahui medan laga. Karena itu, alat monitoring ini tidak cukup yang hanya bisa melihat data makro, tapi perlu sampai ke detil. Sehingga misalnya dapat diketahui RO mana saja yang belum diupload, yang belum terkonfirmasi, yang belum ada realisasi belanja, yang belum mencapai target, dll.
Kunci yang lain dan tak kalah penting adalah kepedulian pada level pimpinan. Para kepala satker, para KPA harus disadarkan tentang arti penting IKPA ini dan apa-apa yang mesti mereka lakukan. Tentu, kita senang dengan pimpinan yang ketika kita berikan laporan atau data capaian IKPA yang masih rendah, dia segera merespon dengan "memarahi" para anggotanya dan menginstruksikan untuk segera mengambil langkah-langkah perbaikan. Bukan berarti cepu alias tukang mengadu atau senang lapor-lapor ke pimpinan satker atau pimpinan wilayah, tapi itu semata sebagai ikhtiar agar dari level atas sampai ke bawah menyadari dan paham betapa pengelolaan keuangan itu harus ditangani secara profesional. Karena sesungguhnya salah satu asas pengelolaan keuangan negara adalah profesionalitas. Nah, IKPA menjadi salah ukuran tingkat profesionalitas itu.
Begitulah. Bagaimanapun capaian IKPA triwulan II ini perlu untuk dirayakan. Segenap pihak perlu diberikan apresiasi baik itu ke KPPN maupun ke satker.

Termasuk apresiasi kepada diri sendiri, yang salah satu bentuknya adalah dengan memberikan asupan kuliner yang mantap di bawah ini. Kwetiau Seafood Siram. :D

Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi