Capaian Output

 - (Ditulis tanggal 14 Juni 2022) -

Di benak saya, capaian output itu menggambarkan output-output strategis yang dihasilkan dari pelaksanaan APBN. Seperti: pembangunan gedung, pemeliharaan jalan, pembangunan jembatan, bendungan, pengadaan alkes, perangkat IT, dll.
Rabaan saya, semua ini berawal dari keinginan pemerintah, yang gampangnya termaktub dalam pertanyaan ini: apa saja sih yang sudah dihasilkan dari APBN kita ini? Berapa kilometer jalan yang sudah dibangun? Berapa bendungan yang telah dibangun? Berapa orang warga yang sudah menerima bansos? Dan seterusnya.
Dengan adanya capaian output ini, tidak saja kita mengetahui trilyunan uang APBN yang sudah dikucurkan pemerintah, tetapi juga diperoleh informasi hasil kerja pemerintah selama ini.
Kaitannya dengan hasil kerja ini, tentu yang layak diekspos adalah output-output strategis yang berimpact bagi perekonomian. Yang sebagian besar dihasilkan dari pelaksanaan belanja modal dan sebagiannya dari belanja barang serta belanja bansos.
Oleh karena itu, program atau gerakan pemerintah belakangan ini untuk mewujudkan data capaian output yang akurat, barangkali agar lebih difokuskan pada pelaksanaan belanja strategis.
Persis ketika kita posting kuliner. Tentu yang diposting adalah kuliner yang inti, yang wah, yang strategis untuk dipamerkan. Misalnya nasi atau kerupuk atau lauk yang sudah biasa, tak lagi menarik untuk diposting.
Seperti juga kali ini, yang tersaji adalah kuliner Mie Tiaw varian Mie Tiaw Siram. Asli dari kedai yang terkenal itu. Bukan tiruannya. Nasi? Sementara minggir dulu. :D

Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi