Ngemong

 - (Ditulis tanggal 12 Juni 2022) - 

Tema obrolan kami malam itu, lebih banyak porsinya tentang bagaimana menumbuhkan ikatan batin antar pegawai, terutama hubungan antar generasi.
Satu hal yang bisa saya simpulkan: ikuti apa kemauan anak-anak muda itu. Apa seleranya, mainannya atau tempat yang mereka senangi? Artinya: kaum senior hendaknya bersikap demokratis. Kesimpulan itu saya ambil dari saripati pengalaman seorang senior yang jago dalam interpersonal communication.
Memang tidak semua orang bisa melakukan itu. Dibutuhkan kebesaran hati, ngalah, rendah hati dan ikhlas. Atau istilahnya bisa "ngemong". Yang kadang ngemong ini tidak hanya dilakukan oleh senior kepada yunior, oleh atasan kepada bawahan, tapi kerap juga dilakukan oleh bawahan kepada atasan, atau oleh yunior kepada senior.
Tentunya, dengan perkembangan jaman dan adanya celah generasi ini, yang ngemong mestinya kaum senior. Dan salah satu tanda senior itu bisa ngemong para yunior adalah kesediaan dan kelegaan hati untuk mau meluangkan telinga dan fokusnya pada keluh kesah, kegelisahan, usulan dan masukan dari para yunior. Kalau dipersentase, kira-kira 70 persen mendengarkan, 30 persen memberikan arahan. Atau bisa jadi persentase mendengarkan itu lebih dari 70 persen.
Dan faktanya, kebiasaan "mendengarkan" itu ternyata juga tidak mudah. Padahal menjadi satu habit yang efektif. Kemampuan mendengarkan ini pada akhirnya akan sampai pada salah satu tujuh kebiasaan yang efektif, yaitu mengerti orang lain dahulu, baru kemudian dimengerti.
Ironisnya, ketika kita memberikan kesempatan agar kalangan muda menyampaikan uneg-unegnya, ternyata bukan hal yang mudah. Tidak bisa juga kita memaksa para yunior itu menyampaikan apa yang mereka inginkan dalam satu forum resmi. Dibutuhkan suasana yang bisa membuat mereka nyaman dan rasa percaya pada kita. Nah, disitulah diperlukan apa yang disebut interpersonal communication skill.
NB: Menghubung-hubungkan setiap tulisan dengan kuliner itu, juga tidak mudah. Pada akhirnya kehabisan ide. Kali ini, saya pamer Tom Yam Seafood. :D

Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi