Tol Semarang-Solo

 - (Ditulis tanggal 16 April 2023) -

Dalam rentang dua tahun lebih itu, setiap minggu saya melewati tol Semarang-Solo. Yang jalannya naik turun dan bagus pemandangannya. Kalau dulu semasa SD, setiap menggambar pemandangan berupa gunung selalu ada jalan di tengah ke arah gunung itu, maka persis itu bisa dilihat di tol ini.
Yang namanya berkendara, tentu harus hati-hati dan waspada. Terlebih lagi berkendara di jalan tol ini. Karena jalanannya naik turun, yang di lokasi-lokasi tertentu mesti ekstra hati-hati.
Ada beberapa turunan panjang, ada pula beberapa pendakian. Yang setiap berada di lokasi itu, truk-truk besar akan pelan-pelan. Nah, inilah barangkali kondisi bagi pengendara mobil untuk sabar di belakang mereka. Yang ketika kita akan menyalip, juga terhalang oleh mobil atau truk lainnya. Padahal posisinya di penurunan panjang, yang tanpa injak gas pun mobil sudah meluncur cepat. Di tempat-tempat inilah, biasanya saya jaga agar tidak terlalu dekat dengan mobil di depan.
Lokasi penurunan dan pendakian itu tidak semuanya berupa jalan lurus. Ada bagian tikungan, yang perlu waspada saat mobil meluncur cepat di turunan.
Bagi pengendara yang sering lewat tol itu, tentu sudah paham harus bagaimana ketika melalui spot-spot itu. Bagi yang jarang, yang terpenting adalah kehati-hatian dan kesabaran. Khususnya saat mudik lebaran, dimana volume kendaraan yang melewati tol ini bertambah banyak.
Bagaimanapun keselamatan adalah yang utama.


Populer

The Last Kasi Bank dan Manajemen Stakeholder

DAK Fisik dan Dana Desa, Mengapa Dialihkan Penyalurannya?

Menggagas Jabatan AR di KPPN

Setelah Full MPN G2, What Next KPPN?

Perbendaharaan Go Green

Everything you can imagine is real - Pablo Picasso

"Penajaman" Treasury Pada KPPN

Pengembangan Organisasi